Cemilan sehat yang dapat dijadikan Makanan Pendamping ASI : Inovasi Nugget Ikan Lele oleh Mahasiswa IPB

12 Juli 2023
SUPERADMIN
Dibaca 165 Kali
Cemilan sehat yang dapat dijadikan Makanan Pendamping ASI : Inovasi Nugget Ikan Lele oleh Mahasiswa IPB

Munjul, Mahasiswa KKNT-Inovasi IPB 2023 melakukan sosialisasi terkait Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) dengan judul program berupa “GEMAS: Gerakan Cegah Stunting dengan MPASI” yang dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Juli 2023 mulai pukul 08.45 WIB hingga pukul 09.30 WIB. Kegiatan ini terbagi dalam dua bagian, yaitu sosialisasi mengenai stunting dan dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan nugget berbahan dasar ikan lele yang memiliki kandungan protein tinggi. Kandungan protein inilah yang dibutuhkan oleh anak dalam masa pertumbuhannya. Hal inilah yang melatarbelakangi pemilihan menu yang berbahan dasar ikan lele yang diolah menjadi nugget agar disukai oleh anak-anak.

Selain tinggi protein, nugget ikan lele juga merupakan salah satu pilihan makanan kreatif untuk anak-anak yang awalnya tidak suka lele menjadi gemar dan suka makan ikan. Bentuk nugget sendiri bisa dikreasikan untuk menambah daya tarik anak-anak. Gerakan ini juga sekaligus menambah pilihan ibu-ibu untuk membuat makanan yang juga bermanfaat untuk tumbuh kembang balita.

Mahasiswa KKN-T ITB Bersama Penduduk Desa Munjul sedang membuat Nugget Ikan Lele

Kegiatan GEMAS ini dihadiri oleh 67 ibu dengan balita yang bertempat di Posyandu Wijayakusuma di tengah proses penimbangan dan pengukuran balita. kegiatan ini berkolaborasi dengan ibu-ibu kader Posyandu Wijayakusuma, bidan desa, patriot desa serta perangkat desa dan puskesmas setempat.  Setelah penimbangan, ibu-ibu dan balita dipersilahkan duduk di tempat yang sudah disiapkan untuk menyaksikan proses sosialisasi dan demonstrasi pembuatan MPASI di Balai Desa Munjul. Ibu-ibu terlihat antusias saat mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKNT-Inovasi IPB.

Setelah dilakukan demonstrasi pembuatan nugget ikan lele, mahasiswa KKNT- Inovasi IPB membagikan produk nugget ikan lele yang sudah jadi kepada ibu-ibu dan balita. Ibu-ibu dan balita terlihat senang ketika dibagikan nugget karena rasa nugget yang lezat, gurih dan bergizi. Harapannya dengan adanya kegiatan yang  dicanangkan oleh mahasiswa KKNT-Inovasi IPB ini dapat menambah kesadaran ibu-ibu yang memiliki balita terkait bahaya dan akibat dari stunting serta memberikan pilihan bagi ibu-ibu untuk membuat makanan yang bergizi untuk anaknya sehingga dapat mengurangi angka stunting yang ada di Desa Munjul.