Mahasiswa KKN-T IPB University 2022 Adakan Lokakarya I di Desa Munjul, Simak Program Kerjanya!

05 Juli 2022
Administrator
Dibaca 308 Kali
Mahasiswa KKN-T IPB University 2022 Adakan Lokakarya I di Desa Munjul, Simak Program Kerjanya!

Munjul – Pada hari Senin, 04/07/2022, telah dilaksanakan kegiatan Lokakarya I Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB University di Aula Balai Desa Munjul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Lokakarya ini merupakan salah satu rangkaian acara yang bertujuan untuk memperkenalkan program kerja mahasiswa selama melakukan KKN-T. Kegiatan yang dibawakan oleh mahasiswa kelompok Cirebon02 Kuliah Kerja Nyata-Tematik IPB 2022 ini terdiri dari Dita, Nanda, Rafif, Rania, Rifqi, Risma, Triana, dan Ulis. Kegiatan ini pun turut dihadiri oleh Ibu Resa Ana Dina S.K.M., M.Epid, dosen Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB University selaku Dosen Pembimbing Lapang. Kemudian Ibu Ety Damayanti selaku Bidan Desa Munjul, Unit kesehatan Puskesmas Sidamulya, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Kader Posyandu, TP PKK dan aparatur Desa Munjul.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa KKN-T IPB University mengangkat permasalahan stunting yang selaras dengan program pemerintah dalam penurunan angka prevalensi stunting guna mencapai generasi emas 2045. Berdasarkan data 2021 Kemenkes RI bahwa sebanyak satu juta lima puluh lima ribu, enam ratus delapan balita di Jawa Barat mengalami stunting dan 9,42 Balita ini berada di Kabupaten Cirebon. Pemerintah menetapkan beberapa wilayah lokus stunting pada Kabupaten Cirebon yang tersebar di 40 kecamatan salah satunya Kecamatan Astanajapura, tepatnya pada program ini kami laksanakan di Desa Munjul. Berdasarkan data terbaru dari Puskesmas Sidamulya, Kecamatan Astanajapura pada bulan Februari 2022 sebanyak 190 balita mengalami stunting yang mana terbagi menjadi 2 kategori yaitu 103 balita dikategorikan pendek dan 87 balita lainnya dikategorikan sangat pendek.

Adanya permasalahan tersebut melatarbelakangi program KKN-T 2022 di Desa Munjul. Program tersebut terdiri dari :

  1. Selimut Cantik : Selamatkan Ibu Melahirkan dan Cegah Anak Stunting
  2. SI KAPAS : Imunisasi Lengkap Anak Cerdas
  3. SALON TIMUN : Sosialisasi Calon Pengantin Desa Munjul
  4. HANSIP : Hidup Aman dan Sehat dengan Isi Piringku

Program ini nantinya akan berkerjasama dengan tenaga kesehatan desa seperti Puskesmas, Posyandu, dan Bidan Desa. Selain itu, mahasiswa KKN-T IPB University juga merancang program yang harapannya dapat meningkatkan kreativitas masyarakat dan membantu perekenomian rumah tangga. Adapun program tersebut yaitu :

  1. GO TO MUNJUL : Growth Together with Munjul atau program penanaman bibit di pekarangan rumah tangga.
  2. MOONJUL : Mocaf On Munjul yaitu pengolahan tepung singkong yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga
  3. NGOPI PAGI : Ngobrol Pintar Pemasaran Digital yaitu edukasi dan pelatihan terhadap industri rumah tangga yang bergerak di Desa Munjul

Menurut Sekretaris Desa Munjul, Bapak Alif Agus Syarif S.Kom, dengan adanya KKN-T dari mahasiswa IPB University di Desa Munjul ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap permasalahan stunting, mengoptimalkan sumber daya wilayah yang terdapat di Desa Munjul serta memberikan inovasi baru yang harapannya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan Desa Munjul.