Semangat Kerja Bakti Sabtu Bersama Mahasiswa KKN dan Warga Desa Munjul

26 Februari 2023
SUPERADMIN
Dibaca 100 Kali
Semangat Kerja Bakti Sabtu Bersama Mahasiswa KKN dan Warga Desa Munjul

Munjul, Sabtu 25 Febuari 2023 mahasiswa KKN UNSWAGATI Cirebon bersama para warga Desa Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan saluran air di sepanjang jalan juga membersihkan kantor desa munjul beserta halamannya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar air dapat mengalir lancar dan tidak terjadi penyumbatan akibat sampah atau tanah yang menumpuk di dalam selokan. Selain itu dengan kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah, rumput dan juga sarang nyamuk. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit.

Kuwu Munjul Chaerudin mengatakan “Kerja bakti ini dilakukan sebulan sekali dengan tujuan untuk membersihkan lingkungan desa. Karena di saat pandemi seperti ini kita wajib menjaga kebersihan lingkungan. Dengan kegiatan kerja bakti ini setidaknya kita bersama-sama mengurangi sumber penyakit yang berasal dari lingkungan yang kotor.”

Kerja bakti selain untuk menjaga kebersihan lingkungan juga bertujuan untuk membina hubungan sosial di antara masyarakat Desa Munjul. Apalagi dengan adanya mahasiswa KKN yang turut serta dalam kerja bakti dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 sampai 11.00 WIB. Para warga dan mahasiswa saling berbagi tugas dalam membersihkan lingkungan, mulai dari mencabuti rumput, menggali sampah di dalam selokan, dan menyapu.

Dengan penuh semangat warga desa dan mahasiswa KKN  bekerja sama membersihkan lingkungan di sepanjang jalan yang banyak terdapat sampah dan juga rumput liar . Harapannya dengan adanya kegiatan kerja bakti ini lingkungan menjadi bersih dan nyaman dan kita akan terhindar dari berbagai penyakit.