PENGUKUHAN ANGGOTA RTIK KOMISARIAT DESA, MUNJUL PUNYA GEBRAKAN!

22 Januari 2023
Administrator
Dibaca 107 Kali
PENGUKUHAN ANGGOTA RTIK KOMISARIAT DESA, MUNJUL PUNYA GEBRAKAN!

CIREBON- Sabtu, 21 Januari 2023
Upaya Desa Munjul untuk menjadi desa digital tidak hanya ucapan belaka. Sabtu 21 Januari 2023 Munjul menjadi salah satu desa yang mendelegasikan beberapa nama untuk dikukuhkan secara sah menjadi RTIK Komisariat desa. Pengukuhan itu berlangsung secara khidmat di Taman Cirebon Power yang juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Cirebon, ketua RTIK Kabupaten Cirebon, Ketua RTIK Kota Cirebon, Ketua RTIK Jabar, dan masih banyak lagi. 

Melalui pengukuhan tersebut diharapkan Munjul dapat lebih siap menjadi desa digital, sebagaimana yang sudah digadang-gadang pemerintah. Tiga anggota RTIK Komisariat desa yang dikukuhkan yakni Mohamad Alimudin, Mohamad Satrya, dan Hayyin Shofiyatin. 

Rencananya anggota RTIK Komisariat Desa akan difokuskan dalam pengembangan WEB desa berbasis OpenSID. Diyakini penggunaan WEB desa tersebut akan sangat membantu warga dalam mengakses hal yang berkaitan dengan desa, misalnya kebijakan, transparansi, dan lain sebagainya. 

Dalam mematangkan pengetahuan anggota RTIK komisariat desa, mereka juga diikutsertakan dalam Workshop yang diadakan oleh RTIK Kabupaten Cirebon. Dalam workshop tersebut peserta dikenalkan urgensi tata kelola administrasi digital di pemerintahan desa serta praktik langsung OpenSID. 

Menurut Sekdes Munjul Agus Syarif, “sudah waktunya Munjul menjadi desa digital, kita harus menggebrakkan tujuan ini bersama-sama” ujarnya. 
(Hayyin)